Sunday, December 28, 2008

(Boleh dong) Saya Juga Punya Daftar Ter-08!


Buat media sekaliber Time atau Newsweek, siapa yang jadi pilihan mereka untuk masuk daftar 'ter', biasanya selalu menarik buat pembaca di seluruh dunia. Tapi, bukan cuma dua media itu lho yang punya hak merilis daftar 'ter', nyaris semua media juga punya. Dan kita kerap jadi bingung, apa sih pertimbangannya? Kenapa sosok si A harus dianggap terpenting tahun ini sementara sosok B tidak?


Nah, tahun ini saya putuskan buat bikin daftar sendiri. Kategorinya? Wah, jelas pertimbangan pribadi lah! Dan saya yakin sah-sah aja tuh. Kalau pembaca juga terpikir mau buat daftar juga, silakan lho (di blog masing-masing tentunya).

Dan Yang Terbaik di 2008, menurut saya:

1. Sutradara: 10 sutradara "9808" (Ariani Darmawan, Anggun Priambodo, Edwin, Hafiz, Ifa Isfansyah, Lucky Kuswandi, Otty Widasari, Ucu Agustin, Steve Pillar Setiabudi, Wisnu Kucing Suryapratama). Sampai detik ini saya masih bingung, kok ada ya sutradara yang mau kerja gratisan? Jumlahnya pun enggak hanya satu atau dua, tapi sepuluh! Dan mereka ini kerja pol-pol-an. Nyaris setahun saya berurusan dengan mereka, dan cuma dengan memperhatikan ke-10 orang ini bekerja, saya sungguh belajar banyak. Spielberg barangkali lebih mendunia, tapi saya enggak kenal beliau secara pribadi. Belum tentu juga kalau saya kerja dengan Spielberg bisa lebih seru daripada dengan 10 orang ini, he3.
2. Karakter fiksi: Sugiharti Halim. Belum pernah saya lihat ada karakter sesinting perempuan ini. Kompleksitas karakter Sugiharti Halim yang dilahirkan Ariani Darmawan dan gang Kineruku, komplit sudah dengan kapasitas Sugiharti untuk menggerundel dengan konsisten sepanjang film. Sepanjang film itu kita bakal tertawa. Bukan menertawakan Sugiharti, tapi diri kita sendiri.

3. Album: Kamar Gelap, Efek Rumah Kaca. Entah kenapa, sempat ada gejala aneh: mereka yang main musik tiba-tiba lupa Bahasa Indonesia! Gawat! Untung belakangan muncul Efek Rumah Kaca. Keistimewaan mereka? Beli kalee albumnya, he3

4. Buku: Malaysian Essays Volume 1, Matahari Books, Amir Muhamad, editor.

5. Film: The Edge of Heaven, Fatih Akin. Tahun rilis film ini 2007, tapi saya baru nonton Desember 2008 di Jiffest.

6. Argumen: "Ibaratnya, saya shalat 5 waktu Neng, tapi masih sering lupa sama yang di Atas." Alasan Pak supir taksi waktu saya protes, "Katanya Bapak hafal daerah Tebet?"

7. Blog: Nguping Jakarta. Ringan, berisi, dan layak dimampiri. Dan serunya lagi, yang terlibat di sini bukanlah orang-orang banci tampil.

8. Komentar: "Selama ini saya enggak sadar sudah mempraktikkan diskriminasi," salah seorang penonton dan peserta diskusi 9808 di Paramadina.

9. Tempat liburan: Belitong!

10. Karya seni: Bagai Musang Berbulu Tangkis, Bambang Toko. Berapa sering kita bisa ketawa di Galeri Nasional?

11.Teman/kenalan/tetangga/anggota keluarga/dll: ___________ Silakan tuliskan nama di sini. Siapapun pasti saya setujui, karena pasti betul-dengan cara masing-masing setiap orang yang pernah ketemu atau berurusan dengan saya, pasti punya jasa. Terima kasih.

Selamat liburan.








5 comments:

Ferzya Farhan said...

blog walkin :D

[rei] said...

saya ijin taroh link blog ini di blog saya yah.terimakasih..

Me^Mey said...

salam kenal..blogwalking..koq blum update posting

MeMey said...

blogwalking salam kenal..:)

Afrie @ kainikat.com said...

Yang nomor 6 TOB banget :D