Wednesday, January 02, 2008

Percuma Tanya ke George...








"Satu-satunya hal yang saya tahu mengenai SLOVAKIA adalah apa yang saya dengar dari Menteri Luar Negeri Anda waktu beliau berkunjung ke Texas!" George W. Bush saat menerima kunjungan para pejabat SLOVENIA (!-ed). Sumber, Knight Ridder News Services, 22 Juni 1999.


Silakan cari perbedaan Slovakia dan Slovenia melalui bendera dua negara ini. Beda-beda tipis nggak sih? Sumprit! Teman-teman kita di Eropa Timur rupanya punya misi ingin menciptakan dunia yang lebih berwawasan, atau lebih bingung. Tergantung bagaimana kita melihatnya. Yang jelas, percuma juga minta petunjuk ke Presiden Bush. Apa lagi masih ada 'bonus': SLAVONIA! Astaga.
Karena salah satu cara untuk jadi kaya mendadak adalah ikutan kuis, mana tahu trivia berikut ini bermanfaat buat Anda! (Jangan lupa bagi-bagi hadiah, kalau ternyata ujung-ujungnya Anda menang kuis berkat 'bocoran' saya, deal?). Jadi beginilah kurang lebih penjelasannya:
  • SLOVAKIA, 'lahir' di tahun 1993 setelah Chekoslovakia terpecah menjadi Czech Republic dan Slovakia lah ya. Ibu kota: Bratislava. Penduduk: 5.5 juta jiwa.
  • SLOVENIA, 'lahir' di tahun 1991, sebelumnya ia bagian dari Yugoslavia. Ibu kota: Ljubljana. Penduduk: 2 juta jiwa.
  • SLAVONIA, adalah region bagian dari Kroasia. Penduduk: 750 ribu jiwa.
Dengan kondisi agak-agak mirip seperti itu, jadi enggak salah-salah amat kalau mereka juga bingung membedakan kita-kita yang ada di Asia (Tenggara) ini. Percaya deh. Ini bukan soal global warming temans, ini soal global confusion...nantilah kita lanjutkan. Oke?




No comments: