Monday, November 06, 2006

Sepertiga Lingkar Bumi




Dia tidak memenuhi persyaratan untuk bertanding di Olympiade. Tapi, kini kita harus tahu, cuman dialah yang sanggup berenang dari Australia sampai ke kawasan California, Amerika Serikat (sama dengan sepertiga lingkar bumi), tanpa alat bantu, masker oksigen, atau paspor dan visa (apalagi bayar fiskal sejuta..). Namanya? Kura-Kura!

Nah, ada juga yang bisa berenang sama jauhnya dengan jarak tempuh London-New York, sebelum akhirnya sampai di atas piring kita: ikan Salmon. Sementara, yang mampu terbang dengan kecepatan 200 ribu mili ternyata bukan hanya pesawat canggih-tapi burung Albatros. Apakah Albatros jenis burung yang paling jago terbang jarak jauh? Ternyata bukan, juaranya adalah: burung Walet!

Dari mana data di atas diperoleh? Yang jelas bukan hasil tebak-tebakan atau sekedar mengira-ngira. Para ilmuwan gelo pecinta alam kini bisa merekatkan semacam satelit kecil di bagian tubuh spesies yang mereka teliti guna memantau dan mengungkap kedahsyatan sejumlah mahluk yang mungkin selama ini justru jadi simbol kemalasan atau perilaku serba lamban seperti si Kura-Kura. Atau, yang selama ini kita kenal semata-mata sebagai bagian dari menu yang gaya-seperti ikan Salmon. Bisa juga yang selama ini tak pernah kita perdulikan betul apa perannya di muka bumi ini, seperti burung Walet.

Anda bisa saja gatek seperti saya, atau tidak perduli sama sekali, atau tidak religius, atau punya sikap lain. Tapi, hasil penemuan seperti di atas barangkali bisa punya sentuhan spiritual yang cukup nyenggol : tiap mahluk hidup yang ada di sekitar kita mungkin saja punya kekuatan yang jauh lebih besar daripada apa yang selama ini kita kira. Dan barangkali sejumlah penemuan ini adalah bentuk teguran lain dari sang Pencipta yang seolah mengingatkan bahwa jaman sekarang sudah bukan saatnya sekedar menduga-duga (apalagi menyimpulkan tanpa data, menuding, mengkotak-kotakan, meremehkan, menghujat, dst)..Lagipula, kita toh sudah dikaruniaiNya dengan paket 2 N (nalar dan nurani)? Silakan lho diaktifkan dua-duanya..



2 comments:

Rangga A said...
This comment has been removed by the author.
rangga said...

sayangnya manusia banyak yang masih memilih untuk tidak menjadi "dual band", hanya memakai salah satu dari 2N itu...

sayangnya