Sunday, November 05, 2006

Scorsese vs. Brooks











Hikmahnya kita 'kerja paksa' di rumah sendiri akibat libur lebaran sebetulnya ada juga. Inilah waktu terbaik buat orang jarang nonton televisi seperti saya, untuk sesaat jadi 'pengamat media massa', dan membuktikan ternyata masih ada juga lho liputan TV yang oke punya!

Di satu malam, Martin Scorsese duduk berhadapan dengan Tom Brooks (pemandu acara BBC, Talking Movies). Topik percakapan mereka adalah film terbaru Scorsese, "The Departed". Kebanyakan dari Anda barangkali sudah nonton film ini, tapi yang menarik buat saya bukanlah isi percakapan soal film itu tapi kepiawaian Scorsese menangani pertanyaan yang berpotensi 'menganggu stabilitas dan kredibilitas' beliau selaku salah satu sutradara terbaik dunia saat ini. Tom Brooks tiba-tiba minta konfirmasi soal apa betul Scorsese pernah ribut berat dengan Harvey Weinstein? Kamera terus menyorot wajah Scorsese yang tampak sungkan menjawab. Brooks lalu melakukan 'probing', "I heard that amidst the height of your argument with Mr. Weinstein, you even tossed the phone out of your office's window. Is that true?" Dan jawaban Scorsese adalah, "Well, you know Tom? The thing with phones is..they're ring! Isn't it annoying? So, yeah, I do HATE phones.." Giliran Tom Brooks yang tampak agak kaget, sebelum akhirnya ikut tertawa. Scorsese: 1, Brooks: 0.

Pekerja film pemula seperti saya jadi ikut belajar, hanya dengan melihat 'insiden' kecil seperti wawancara Scorsese-Brooks malam itu: ternyata perbedaan antara jawara sekelas Marty dan para wannabes memang besar sekali. 'Legenda hidup' sekelas Scorsese sudah jago 'main cantik' dengan (di antaranya) menghindar dari publikasi murahan yang bisa merugikan karirnya sekaligus menjadikannya 'turun kelas'. Sementara para wannabes seringkali tergelincir karena terpancing untuk bicara yang tidak perlu di mana-mana, bahkan di media massa...

No comments: