Tuesday, November 20, 2007

Buku "Bikin Film, Kata 40 Pekerja Film!"



Akhirnya kerjaan yang kurang lebih makan waktu sembilan bulan itu siap edar, sebuah buku obrolan soal film yang berjudul "Bikin Film, Kata 40 Pekerja Film!"Terdiri dari 11 bab, tiap bab berisi obrolan dengan lebih dari satu pekerja film dari setiap profesi. Konsepnya memang 'ngobrol', dan saya waktu itu sok nekat menawarkan cara ini daripada format wawancara klasik 'one on one'. Alasannya, buat kultur kita ngobrol pasti lebih asik. Kita tidak dibesarkan buat pinter ngomongin diri sendiri (kalau pun ternyata jadinya begitu berarti 'musibah' kali ya?).
Dan sayapun ngobrol dengan para kawan kerja, sekaligus guru-guru saya sejak kami semua nekat nyemplung ke dunia film. Di antara mereka antara lain, kelompok produser: Mba Mira Lesmana, Mas Erwin Arnada, Teh Nia Dinata dan Shanty Harmayn. Kelompok sutradara-Dimas Jay, Joko Anwar, Ody C Harahap, Riri Riza, dan masih banyak lagi. Para narasumber ini punya skejul yang juara lah. Bagian itu sempat bikin saya dan kawan-kawan dari majalah Hai ketar-ketir.
(Saya enggak munafik lah, dengan gebyar logging, bikin transkrip, dan seterusnya, belum lagi pertemuan urusan ini dan itu dengan Danie Satrio, dan kawan-kawan Hai, tentunya tulisan saya kali ini bermaksud jualan. Silakan ke Gramedia..).

2 comments:

siska said...

hehehehe mbak Prima, aku udah baca buku itu lho...
bagus. suka. hehehehe...

Anonymous said...

terima kasih siska!

salam, prima